Pengaruh Penggunaan Permainan Puzzle dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Berkebutuhan Khusus
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
In today's life we know that in the development of children with special needs have obstacles and cognitive aspects are one of the delays so that it affects concentration disorders. Children with special needs are children who have emotional, physical, mental, intellectual, social and growth disorders compared to other children of the same age so that they need special attention. In the learning process of children with special needs, concentration disorders are very important so that with fun games they will have the intention to learn while playing. The purpose of this paper is to find out what the effect of games on the cognitive abilities of autistic children. Christian Religious Education has a goal which is to sponsor people towards a mature Christian faith as a living reality. We are now able to describe the characteristics of such a life of faith and the educational task they provide. The method used is a qualitative method with the type of literature study carried out by reading and taking notes and collecting data from books and journals. Teachings from PAK have a good impact on every child who is educated because the material in PAK makes the character of a child more formed so that when children grow up they will have good character even though there are some who have not applied CRE in their lives.
Kehidupan saat ini kita tahu bahwa dalam perkembangannya anak berkebutuhan khusus memiliki hambatan dan aspek kognitif merupakan salah satu keterlambatan sehingga berpengaruh dengan adanya gangguan konsentrasi. Anak berkebutuhan khusus adalah anak-anak yang mempunyai kelainan baik itu emosional, fisik, mental, intelektual, sosial dan pertumbuhan mereke dibandingkan dengan anak-anak lain yang sama umurnya sehingga mereka memerlukan perhatian khusus. Dalam proses belajar anak berkebutuhan khusus, gangguan konsentrasi merupakan yang sangat penting sehingga dengan adanya permainan yang menyenangkan akan membuat mereka memiliki niat untuk belajar sambil bermain. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui apa pengaruh permainan bagi kemampuan kognitif anak autis. Pendidikan Agama Kristen memiliki tujuan yaitu adalah untuk mensponsori orang-orang ke arah iman Kristen yang dewasa sebagai realitas yang hidup. Kita sekarang berada pada posisi untuk mengambarkan ciri-ciri kehidupan iman yang demikian dan tugas pendidikan yang mereka berikan. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis studi pustaka yang dilakukan dengan cara membaca dan mencatat serta mengumpulkan data dari buku maupun jurnal. Ajaran dari PAK memberikan dampak baik bagi setiap anak yang dididik karena materi yang ada di dalam PAK membuat karakter seorang anak akan semakin terbentuk sehingga ketika anak-anak tumbuh mereka akan memiliki karakter yang baik meskipun ada sebagian yang belum mengaplikasikan PAK dalan kehidupannya.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
- Cahyaningrum, Rahma Kartika, Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi.” Educational Psychology Journal 1, No.1 (2012). https://unnes.ac.id.
 - Febriyono, Cristie, Supartini & Tri dan Pangemanan. Like, Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan, 17, no.1 (2019) http://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/index.
 - Groome, Thomas H., Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.
 - Hakim, Arif Rohman. “Mendorong Perkembangan Kognitif Anak Tunagrahita Melalui Permainan Edukatif,” Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian Pendidikan dan Pengajaran) 4, no.3 (2018). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/721.
 - Herawati, Kristina “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (PAK) Bagi Etiket Pergaulan Anak.” Scripta: Jurnal Teologia dan Pelayanan Kontekstual 1, No.2 (2016). https://doi.org/10.47154/scripta.v2i2.20.
 - Hutagalung, Rebecca & Rotua Julianovia. "Peranan Pendidikan Agama Kristen Bagi Pembinaan Anak Tunagrahita" Vol.1 No.2 (2019).https://journal.sttjaffrayjakarta.ac.id/index.php/JI/article/view/15.
 - Irdamurni, Pendidikan Inklusif Solusi dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Predamedia Group, 2019.
 - Munawarah Yulia, Media Bermain Pancing Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB, Vol.01 No.02 (2018) Jurnal Pendidikan Khusus oai:ojs.journal.unesa.ac.id:article/19062
 - Nurmayunita, Heny. “Pengaruh Terapi Bermain Kolase Terhadap Konsentrasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Berbasis Inklusi, Jurnal Keperawatan Malang (JKM) 3, no.2, (2008), https://doi.org/10.36916/jkm.v3i2.65.
 - Padafani, Yohanis dkk, Model Permainan Keseimbangan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Usia 6-10 Tahun, Vol.08 No.01, (2019). https://doi.org/10.21009/segar/0801.06.
 - Sukmaningtyas Alifia Dian dkk, Pengaruh Edukasi Tentang Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Pada Orang Tua Terhadap Kemampuan Orang Tua dalam Melakukan Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Usia Prasekolah di Puskesmas Kendalsari Malang, Vol.3 No.1 (2018). https://doi.org/10.33366/nn.v3i1.786.
 - Tejaningrum, Dhiarti, Pengembangan Alat Permainan My Costume untuk Menstimulasi Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia Dini Autis, Vol.1 No.2 (2014) 10.14421/ijds.010201.
 - Utomo & Ismail Murniyanti, Permainan Tradisional Media Stimulasi & Intervensi Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus, Kalimantan: PJ JPOK FKIP ULM Press, 2019
 - Widodo, Pengembangan Pembelajaran Permainan Adaptif Berbasis Perkembangan Aktual Bagi Anak Berkebutuhan Khusus 1 No.1, (2016). https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i1.227.
 
									





